Pages

RSS

MAKALAH LAPORAN PERTANDINGAN BASKET


LAPORAN PERTANDINGAN BOLA BASKET
JUNIO JRBL 2012
SEMI FINAL PUTRI
SMP PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA VS  SMPN 2 DEPOK



OLEH :
Nama                    : Husni Ridwan Fianquri
NIM                     : 12601241042
Jurusan/Prodi        : POR/PJKR


FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2012


KATA PENGANTAR

                 Segala Puji dan Syukur saya Ucapkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bahwasanya saya telah dapat membuat Makalah Tentang Olahraga Bola Basket walaupun banyak sekali hambatan dan kesulitan yang saya hadapi dalam menyusun makalah ini, dan mungkin makalah ini masih terdapat kekurangan dan belum bisa dikatakan sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan saya.
                 Oleh karena itu saya sangat mengharapkan ktitik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak terutama dari Bapak/Ibu Dosen supaya saya dapat lebih baik lagi dalam menyusun sebuah makalah di kemudian hari, dan semoga makalah ini berguna bagi siapa saja terutama bagi teman-teman yang hobi atau ingin lebih tahu lebih banyak tentang olahraga basket.




BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar belakang
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.
Dalam pertandingan bola basket resmi , satu tim harus memainkan 5 orang pemainnya .Dengan waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik. Dan dalam suatu pertandingan pasti menghadirkan dua tim untuk saling bertanding.
Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran gerak dasar bola basket. Adapun tujuan dibuatnya laporan ini adalah untuk Mengorganisasikan dan mengkoordinasi cabang olahraga bola basket. Laporan ini dibuat dari satu permainan bola basket untuk mewakili pertandingan-pertandingan lainnya yang diselenggarakan panitia kompetisi pertandingan JUNIO JRBL 2012. Mencatat team yang bertanding, skor pertandingan dan foto pertandingan yang berlangsung saat itu.
2.      Rencana kerja dan persiapan
Ø  Persiapan adalah penyusunan system pertandingan, jumlah peserta pertandingan dan internal briefing personil atas peraturan yang berlaku dan job description para personil.
Ø  Pembuatan skema pertandingan.
Ø  Pelaksanaan pada hari H.


BAB II
LAPORAN PERTANDINGAN

1.      Pelaksanaan dan hasil kerja
Dalam Pelaksanaan pertandingan bola basket berlangsung lancar, aman, dan tertib. Itu semua tidak lepas dari peran serta tim pelaksana pertandingan bola basket yang sangat bagus dalam mengemas setiap pertandingan, selain itu mereka juga teliti dan kompak dalam melaksanakan setiap pertandingan. Kompetisi bola basket diikuti oleh beberapa tim basket sekolah menengah pertama di Yogyakarta, hasil dari salah satu pertandingan itu, terdapat pada poin-poin dibawah ini.
a.      Team Bertanding

SMP PANGUDI LUHUR 1 YOGYAKARTA
(putri)
VS

SMPN 2 DEPOK
(putri)


b.      Waktu dan tempat pertandingan
Hari dan Tanggal        : Rabu, 10 OKTOBER 2012
Pukul                           : 17.15 WIB
Tempat                        : GOR UNY

c.       Skor Pertandingan
TEAM
Quarter
I
Quarter II
Quarter III
Quarter IV
SMP PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA
(PUTRI)
16
34
40
51
SMPN 2 DEPOK
(PUTRI)
1
5
9
9
d.      Susunan Pemain
SMP PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA
(PUTRI)
SMPN 2 DEPOK
(PUTRI)
NAMA
NO. PUNGGUNG
NAMA
NO. PUNGGUNG
1.      Jesica
2.      Damara
3.      Agatha
4.      Murty
5.      Aira
6.      Desty
7.      Olivia
8.      Liora
9.      Denta
10.  Sonja
11.  Putri
4
5
6
7
9
10
11
12
13
14
71
1.      Maydlin                           (6)                      
2.      Faras                           (7)
3.      Diah Ajeng                           (9)
4.      Anggita                           (10)
5.      Maria                           (12)
6.      Angelina                           (13)
7.      Tamara                           (14)
8.      Aningtyas                           (15)


6
7
9
10
12
13
14
15
Coach : Dwi Buntoro
Coach: Dewanta Aji Putra

e.       Pra-Pertandingan
            Saat akan dimulai pertandingan kedua Tim sudah mulai melakukan pemanasan-pemanasan kecil untuk meregangkan otot-otot supaya tidak cidera saat pertandingan sudah berlangsung. Kedua tim siap memperebutkan satu tiket menuju final kompetisi JUNIO JRBL. Keduanya punya kesempatan sama besar untuk maju kebabak final.
            Antusiasme kedua tim untuk menembus kebabak final sangatlah besar, hal ini ditunjukkan dengan semangat yang ditunjukkan oleh setiap pemain. Tidak mau kalah dengan para pemain, kedua pelatih tim juga semangat dalam merancang strategi-strategi yang jitu untuk memenangkan pertandingan tersebut. Dewanta Aji Putra sebagai pelatih SMPN 2 Depok menyiapkan taktik khusus untuk mengalahkan SMP Pangudi Luhur 1 . Dia merancang strategi yang jitu untuk meredam permainan bagus yang ditunjukkan SMP Pangudi Luhur 1 hal itu ditunjukkan Berdasarkan statistik, SMP Pangudi Luhur sangat produktif dalam mencetak angka. Dari dua laga yang dilakoni, tim asuhan Dwi Buntoro ini total telah mengoleksi 65 angka. Hal ini tidak terlepas dari performa yang bagus dari salah satu pemain SMP Pangudi Luhur yaitu Dwinda Sonja Morbeek. Hal ini ditunjukkan dengan terciptanya 17 poin oleh pemain center SMP Pangudi Luhur 1  tersebut saat mengalahkan SMPN 1 Depok dengan skor akhir 37-9 di laga babak penyisihan. Namun sayang pemain yang memiliki darah Belanda itu kurang bersinar saat laga kedua kontra SMPN 1 Banguntapan. Walaupun begitu, Sonja punya peran krusial. Dia mendapat penjagaan ekstra ketat dari para pemain lawan, sehingga memudahkan pemain lain untuk mencetak poin dalam laga yang berakhir dengan skor 28-4 untuk kemenangan SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta.
            Tidak kalah dengan pelatih SMPN 2 Depok, pelatih SMP Pangudi Luhur 1  Dwi Buntoro ingin mempertahankan performa bagus yang ditunjukkan oleh tim SMP Pangudi Luhur 1. Dengan menggunakan strarting five yang sama, Dwi Buntoro mengharapkan para pemain strarting five mempunyai chamistry yang bagus antar sesama pemain yang diharapkan dapat mencetak banyak point.

f.       Pertandingan
Antusiasme penonton begitu besar saat mendukung tim kesayangannya, dalam lanjutan pertandingan semi-final JUNIO JRBL. Ini ditunjukkan dengan teriakan yel-yel yang begitu keras, saat para pemain masuk ke dalam arena pertandingan. Mereka saling meneriakan yel-yel mereka demi meningkatkan semangat para pemain. Di qwarter pertama ini Tim dari SMP Pangudi Luhur menurunkan skuad terbaik mereka, yaitu Damara, Agatha, Aira, Liora, Sonja. Sedangkan tim SMPN 2 Depok menurunkan Faras, Anggita, Angelina, Diah Ajeng, serta Maydlin.
Qwarter pertama akan dimulai pada pukul 17.15. Peluit wasitpun berbunyi dan pertandingan dimulai dengan Jump ball. Jump ball dimenangkan oleh SMP Pangudi Luhur 1, namun sayang serangan awal yang dimotori oleh Sonja belum membuahkan poin. Tidak berhenti sampai situ. Para pemain SMP Pangudi Luhur 1  tetap bersemangat untuk menyerang, usaha merekapun berbuah hasil. Kerjasama yang bagus ditunjukkan oleh SMP Pangudi Luhur 1, diakhiri dengan lay-up indah yang dilakukan oleh Sonja. Para pemain dari SMPN 2 Depok berusaha membuat poin, namun kesalahan-kesalahan mendasar sering mereka buat. Dampaknya mereka susah untuk mendapatkan point.
Para pemain SMP Pangudi Luhur 1  sangat menguasai pertandingan sepanjang quarter pertama ini. Berkali-kali mereka berhasil menembus pertahanan zone deffence yang diterapkan SMPN 2 Depok dan mencetak angka melalui shooting 2 angka, lay up,maupun  free throw karena pelanggaran yang sering dibuat para pemain SMPN 2 Depok. Namun, seringkali  free throw yang didapatkan kurang dimanfaatkan dengan baik untuk mencetak angka.
SMPN 2 Depok akhirnya berhasil memecah kebuntuan setelah mencetak angka melalui free throw yang dilakukan oleh Maydlin. Free throw didapat setelah salah seorang pemain SMP 2 Depok dilanggar oleh Sonja saat akan melakukan shooting.
Berkat kecerdikan pelatih SMP Pangudi Luhur 1 dan semangat para pemain pada quarter pertama ini mereka berhasil unggul dengan skor sementara 16-1.
Setelah beberapa menit istirahat, Quarter dua pun dimulai. Untuk kali ini bola berawal dari tim SMPN 2 Depok. Quarter ini tidak jauh berbeda  dengan quarter pertama tadi. Para pemain SMP Pangudi Luhur 1 masih tetap menguasai pertandingan. Namun, jual beli serangan masih kerap terjadi. Baik Sonja, Aira, Damara, maupun Liora bergantian mencetak angka, baik melalui shooting, lay up, serta free throw.
Semangat pantang menyerahpun juga ditunjukkan oleh para pemain SMP 2 Depok. Mereka mulai menemukan ritme permainan dan mulai bisa menembus pertahanan tim SMP Pangudi Luhur. Hasilnya SMP 2 Depok mampu menambah 4 poin. Point tersebut diraih melalui shooting Maydlin serta lay up yang dilakukan oleh Angelina. Walaupun demikian tetap saja banyak kesalahan-kesalahan kecil yang sering kali dilakukan oleh pemain SMPN 2 Depok, seperti double maupun walking yang membuat mereka sering kehilangan bola.
Tidak lama kemudian Dwi Buntoro meminta time out pada judge saat waktu tinggal 5 menit. Setelah diberi instruksi oleh pelatih Dwi Buntoro, Pangudi Luhur memulai pertandingan kembali. Mereka kembali menguasai jalannya pertandingan. Setelah kecolongan beberapa angka, giliran pelatih SMPN 2 Depok meminta time out. Pada saat time out tersebut pelatih Pangudi Luhur menarik keluar Agatha dan digantikan oleh Murty. Penampilan Murty cukup baik dalam menjaga daerahnya.
Kali ini Para pemain SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta hanya mampu melakukan shooting jarak dekat untuk menambah angka. Hasilnya pada akhir quarter kedua SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta unggul sementara dengan skor 34-5.
Istirahat setelah quarter dua cukup lama karena ada games yang di selenggarakan oleh panitia pertandingan, setelah selesai quarter ketiga pun dimulai. Bola masuk dari tim SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. SMPN 2 Depok tampil ngotot di quarter ketiga ini. Dengan ketertinggalan 19 angka tidak ada pilihan lain selain menerapkan pola permainan man to man. Rolling pemain sering dilakukan oleh pelatih Dewanta Aji demi menjaga stamina pemain. Strategi ini terbukti ampuh, karena para pemain SMP Pangudi Luhur cukup kesulitan dalam meraih angka. Tingginya tensi pertandingan membuat Agatha ditarik keluar kerena terkilir pada engkel nya dan tidak mampu melanjutkan pertandingan.
Pada quarter ini pertahanan tim SMP 2 depok sangat rapi. Ini terbukti, mereka hanya kebobolan 6 angka pada quarter ini. SMP Pangudi Luhur menambah angka melalui shooting yang dilakukan oleh Sonja, serta lay up yang dilakukan oleh Damara. Sedangkan SMPN 2 Depok hanya mampu menambah 4 angka melalui Faras dan Maydlin. Skor akhir quarter ketiga ini adalah 40-9 untuk keunggulan SMP Pangudi Luhur 1.
Beberapa saat setelah istirahat, Quarter keempatpun dimulai. Di quarter ini tempo permainan sangat tinggi. Bola masuk dari pemain SMPN 2 Depok. Para pemain SMPN 2 Depok bermain habis-habisan demi mengejar angka untuk bisa masuk ke final. Insiden kecil sempat mewarnai pertandingan ini, salah satu pemain dari SMPN 2 Depok terserang asma karena kehabisan napas. Setelah tim medis melakukan pertolongan pertama, akhirnya pertandingapun dilanjutkan kembali. Dampaknya tim SMPN 2 Depok bermain tanpa seorang center. Sementara itu, para pemain SMP Pangudi Luhur 1 terus menggempur pertahanan SMPN 2 Depok. Para pemain SMP 2 Depok kewalahan menghadapi gempuran dari pemain-pemain Pangudi Luhur. Tidak ada pilihan lain selain melakukan foul untuk menghentikan pemain SMP Pangudi Luhur.
Beberapa menit sebelum pertandingan selesai Dewanta Aji mengambil time out. Para pemain SMPN 2 Depok tampak kehabisan tenaga, dengan cadangan yang sangat sedikit para pemain melanjutkan permainan. Tampak jelas pemain-pemain SMPN 2 Depok sudah tidak bisa lagi membendung serangan yang dilakukan oleh para pemain SMP Pangudi Luhur.
Melihat kalau kemenangan sudah di depan mata, menjelang akhir pertandingan pelatih Dwi Buntoro menarik keluar seluruh pemain inti dan digantikan oleh para pemain cadangan. Akhirnya Tim asuhan Dwi Buntoro tersebut meraih kemenangan dengan skor akhir 51-9. Dan memastikan mengantongi tiket kebabak final. Sonja menjadi MVP dalam pertandingan tersebut dengan mencetak 20 angka.
Untuk data lebih lengkap bisa dilihat pada statistic running game yang terlampir di halaman selanjutnya.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


      A.    Kesimpulan
          Dapat diambil kesimpulan bahwa Pertandingan basket tidak hanya mengandalkan kemampuan individu seorang saja akan tetapi harus bekerja sama untuk membentuk suatu permainan yang kompak dan penuh kerja sama tim. Selain persiapan materi pemain, skill , dan fisik ,dalam pertandingan basket juga harus mempersiapkan mental dari para pemain agar tidak nerves sewaktu jalannya pertandingan.Olahraga basket baik itu di sekolah maupun di tingkat Nasional telah melakukan fungsinya. Namun demikian agar olahraga basket ini arif dan bijaksana, maka perlu ada peningkatan sistem penyelenggaraan yaitu selain memberikan layanan dalam bentuk ekstra kulikuler juga memberikan layanan dalam pertandingan. Hal ini merupakan  bentuk kepedulian Nasional untuk ikut menyehatkan kehidupan bangsa melalui olahraga basket yang tepat, cepat, akurat dan relatif dapat dijangkau oleh kebutuhan masyarakat dan diharapkan mampu menciptakan atlit basket professional khususnya pada cabang olahraga basket yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.


       B.     Saran
                    Olah raga basket bukan lah olahraga individu, melainkan olahraga kelompok. Jadi, kekompakan antar pemain dan kerja sama tim yang bagus akan menghasilkan permainan yang bagus pula. Selain kerja sama tim yang bagus, skil individu dari setiap pemain juga mempengaruhi kehebatan sebuah tim. Adanya pelatihan untuk melatih skil individu setiap pemain, akan meningkatkan skil dan olah boala dari setiap pemain. Dan yang terpenting adalah fisik dan stamina para pemain juga harus dilatih.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

CeritaBola mengatakan...

Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
1. Proses kurang dari 1 menit
2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
6. Semua Bank Online 24 Jam
7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

Hubungi Kami Melalui :
LINE : Bandar.asia
WHATSAPP : +855 96 843 1912

Link Untuk Daftar : Mentari228.com

" Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

Posting Komentar